Pages

Thursday, October 7, 2010

REVENGE

Waktu SMA, gw pernah nyumpahin orang biar mati. eh, beberapa bulan kemudian, orang itu mati beneran.

Pernah juga gw dijahatin dan dimanfaatin orang sampe gw merasa diinjek-injek. Lalu gw berniat balas dendam biar orang itu lebih menderita dari pada gw. Eh balas dendam itu beneran kejadian, dan orang itu ancur banget hidupnya setelah gw balas dendam.

Kita semua pasti pernah benci sama orang. Kita semua pernah mengutuk orang. tapi kalo kutukan itu bener2 kejadian, belum tentu juga kita lega dan senang.

Kurang lebih 3 tahun lalu, sekitar bulan Mei juga, gw berhasil menyusun sebuah strategi untuk menjatuhkan orang yang pernah nginjek-nginjek gw. rasanya bener-bener kaya lagi di medan perang. Gw hanya mw liat orang itu menderita, lebih menderita dari pada gw. Kalo perlu sampe makan tai tu orang. Itu target gw.

Seru lho rasanya. Saat itu gw jadi perempuan manipulatif dan penuh kepalsuan. Gw main detektif-detektifan. Gw jadi mata-mata. Gw adalah criminal mastermind. Gw, seorang perempuan, cukup dengan kata-kata dan akting ternyata bisa bikin sesuatu yang berbahaya. Bisa bikin musuh gw kehilangan segala-galanya yang berharga buat dy.

Gw sering banget tikam orang dari belakang biar bisa menjatuhkan musuh gw itu. Tentunya, untuk menjatuhkan orang itu gw harus melibatkan orang-orang lain yang gak berdosa. Gw pikir itu war casualities, namanya juga perang, pasti ada korban sipil. Saat itu gw merasa sangat bangga dan pinter, mungkin sebenernya buat menutupi sakit hati gw atas harga diri yang diinjek-injek. Dulu gw bisa ngomong dalem hati: this is what you get when you're messing with me. I'm not a stupid girl.

Gw berhasil. Gw berhasil lihat orang itu minta ampun di kaki gue. Gw berhasil lihat semua yang berharga buat musuh gw itu menghilang satu persatu, sampe akhirnya dy bener-bener gak punya apa-apa lagi. Sampe dia *figuratively speaking* makan tai.

Tapi anehnya, gw masih ngerasa nggak lega.
Apa balas dendam gw kurang heboh? Apa dy kurang menderita? Ternyata nggak juga.

Saat itu gw berkaca, dan gw bahkan nggak mengenal diri gw sendiri lagi. Gw udah nipu orang, nikam orang dari belakang, dan memanipulasi keadaan agar menguntungkan gw dan merugikan musuh-musuh gw. Gw udah menjelma jadi orang jahat, yang nggak ada bedanya dengan musuh gw itu. Ternyata melihat orang itu terinjak-injak juga nggak bikin gw puas dan lega. Balas dendam nggak ngasih gw apa-apa kecuali perasaan aneh yang bikin gw susah tidur selama beberapa tahun.

Untung waktu nggak pernah berhenti di satu titik. Untung waktu jalan terus. Gw berhasil ngebuang perasaan benci gw itu jauh-jauh. Musuh gw itu pelan-pelan berhasil mendapatkan kehidupannya kembali. Begitupun juga gw. Gw belajar memaafkan dan berasa lega tanpa harus melihat dia menderita. And now I sleep like a baby.

Sejak saat itu gw belajar. Perang tuh nggak pernah ada untungnya. Apapun bentuk perangnya. Selalu ada orang yang disakitin. Kalo pun kita menang perang belum tentu juga kita sehat dan lega. Terlalu banyak war casualities. Terlalu banyak luka dan dosa di tangan gw. Luka yang sebenernya gara-gara gw sendiri juga.

Sekarang gw belajar tulus. Terutama memaafkan dengan tulus. Kalo perlu, tanpa harus menunggu kata-kata maaf dan perasaan menyesal dari orang yang bersangkutan.

Diinjek-injek orang emang nggak enak dan gw merasa kehilangan banyak hal saat dirugikan orang lain. Tapi ternyata cara mengembalikan harga diri gw dan kehilangan gw bukan dengan melakukan hal yang sama untuk menjatuhkan orang lain dan melihat orang lain menderita. Justru, gw bisa membangun kembali harga diri gw dan rasa kehilangan gw dengan memaafkan dengan ikhlas.

Sampai saat ini pun, bahkan gw kapok menyujmpahin orang biar mati (kecuali para pengendara motor tanpa helm yang ngebut zig-zag aur-auran di jalanan dengan bunyi knalpot lebay. umur lo gak akan panjang.)

No comments:

Post a Comment